Home » , , , , , , , , , » Langkah tepat memilih asuransi rumah

Langkah tepat memilih asuransi rumah

Asuransi Rumah
Image Source carlosvinsurance.com


Ada banyak jenis asuransi yang sudah populer di Indonesia, beberapa diantaranya memang cukup terkenal meski penetrasi di Indonesia sendiri masih terbilang sangat rendah. Salah satu dampak dari lemahnya penetrasi tersebut adalah banyak orang yang belum mengetahui produk asuransi sekaligus manfaatnya.

Efek dari ketidak populeran tersebut adalah banyaknya masyarakat yang belum mengetahui dan akhirnya enggan menggunakannya. Satu yang mungkin sering anda dengar yaitu asuransi rumah, namun apakah anda mengetahui apa manfaatnya ?

Sebagian mungkin mengetahui manfaat dari asuransi rumah adalah melindungi hunian anda dari resiko kebakaran. Akan tetapi tidak hanya itu saja, masih ada banyak lagi manfaat yang diberikan asuransi rumah, seperti melindungi rumah dari kerusakan akibat sabotase, kerusuhan, dan huru-hara. Manfaat dari asuransi rumah juga meliputi penggantian finansial apabila terjadi kerusakan akibat bencana alam.

Sedangkan untuk perluasan perlindungannya, asuransi rumah juga bisa menjamin nilai dari harta benda yang ada di dalam rumah tersebut. Uang pertanggungan akan diberikan apabila terjadi resiko yang mengurangi nilai dari harta benda yang ada di dalam rumah.

Untuk anda yang berkeinginan memiliki asuransi rumah, berikut adalah langkah tepat dalam memilihnya :

Lihat Reputasi
Hindari penipuan saat anda hendak menentukan mana produk asuransi yang akan anda pilih, usahakan juga agar apa yang anda pilih tidak zonk.  Cek apakah perusahaan asuransi yang anda pilih terdaftar di AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) dan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan). Atau anda bisa meminta refrensi kepada teman anda yang sebelumnya sudah pernah menggunakan atau memang memiliki wawasan yang luas tentang asuransi, khususnya rumah.

Sesuaikan Kebutuhan
Ketika anda hendak membeli produk asuransi, maka anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan perluasan jaminan. Tentu saja anda dapat memilih semua yang anda mau, namun harga yang ditawarkan pastinya akan sangat mahal, disesuaikan dengan perluasan yang dipilih. Jadi pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Bandingkan Produk
Jangan cepat tergiur apabila ada pihak asuransi yang menawarkan anda produk dengan harga yang miring, tapi coba bandingkan harga beserta perluasannya dengan produk lainnya. Coba untuk membuka pilihan dengan banyak penyedia asuransi manapun, agar anda bisa dengan mudah membandingkan satu dengan yang lainnya.

Pelajari Polis
Setelah anda memutuskan satu produk asuransi yang dipilih, maka biasanya anda akan menerima polis.  Pelajari semua perjanjian dan ketentuan yang tercantum di dalam polis asuransi anda. Hal ini penting guna menghindari terjadinya kesalah pahaman antara klien dengan pihak asuransi.

Tanyakan Prosedur

Ketahui bagaimana prosedur yang dijalankan oleh pihak asuransi yang sudah anda pilih. Untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakannya kepada agent penjual, atau anda bisa hubungi langsung contact centre yang tercantum, jadi dengan anda mengetahui prosedur yang diterapkan oleh pihak asuransi anda tidak akan kebingungan saat hendak mengajukan klaim.

0 komentar:

Posting Komentar