Image Source |
Tidak sekedar mendaftar lalu kemudian membayar saja, namun
ada beberapa hal yang harus anda cermati saat memilih menggunakan asuransi
mobil. Semua hal tersebut harus anda pertimbangkan agara tidak ada rasa
penyesalan dikemudian hari saat memilih asuransi mobil. Salah satu yang harus
paling dipertimbangkan adalah masalah bengkel, jika anda salah memilih, maka
kerugian dan penyesalan adalah satu hal yang akan menghantui anda.
Di tengah ketatnya kompetisi di bidang jasa asuransi, banyak
perusahaan asuransi berlomba-lomba memberikan penawaran menarik guna menjaring
nasabah yang lebih banyak lagi. Salah satu trik yang digunakan adalah dengan
memberikan harga semurah mungkin. Namun setelah OJK menetapkan peraturan guna
menyamaratakan harga premi, para penyedia asuransi kemudian merubah daya
tariknya masing-masing.
Sekarang pihak asuransi lebih mengutamakan pelayanan dan
kualitas ketimbang diskon atau potongan harga yang menarik. Karena itulah yang
jadi pembeda atau pembanding mana perusahaan asuransi terbaik dapat dilihat
dari bengkel rekanannya. Ini justru malah membuat orang yang sedang mencari
asuransi terbaik untuk kendaraannya sedikit kebingungan, dan pada akhirnya
salah memilih asuransi yang tepat.
Jangan mudah terbuai akan jawaban dari pihak asuransi yang
mengatakan bahwa seluruh bengkel rekanan yang mereka sediakan bagus
kualitasnya. Tentu anda tidak ingin terjebak dalam janji manis tersebut, Karena
anda baru mengetahui bagus atau tidaknya perusahaan asuransi mobil tersebut
ketika anda mencoba mengajukan klaim.
Nah, berikut ini adalah kriteria dan beberapa hal yang wajib
anda ketahui saat memilih bengkel asuransi mobil :
Tidak mau repot,
pilih rekanan
Sudah pasti setiap perusahaan asuransi bekerja sama dengan
bengkel, baik yang sudah bekerja sama sudah sedemikian lama maupun baru atau
yang biasa disebut dengan bengkel rekanan. Meskipun bengkel rekanan yang sudah
disediakan oleh pihak asuransi, namun ada beberapa perusahaan asuransi yang
memberikan anda kebebasan untuk memilih atau merekomendasikan bengkel sesuai
dengan keinginan anda, akan tetapi jika tidak bisa anda dapat memilih
menggunakan bengkel rekanan yang ideal.
Telepon dan dijemput
Salah satu pelayanan yang coba diutamakan oleh perusahaan
asuransi adalah pada saat klien mengajukan klaim. Misalnya saat anda mengajukan
klaim, anda sudah tidak direpotkan lagi dengan harus membawa mobil anda ke
bengkel, melainkan sudah ada fasilitas jemputan dari bengkel yang bersangkutan.
Sebelumnya pihak bengkel akan meminta surat perintah kerja
(SPK) yang dikeluarkan pihak asuransi. Dengan adanya surat tersebut, berarti
mobil anda sudah diklarifikasi atas kerusakan apa saja, dan perbaikan yang
dibutuhkan. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka klaim anda akan segera dapat
di proses.
Pilih yang dekat
untuk antar sendiri
Walaupun beberapa perusahaan asuransi memberikan jasa
jemputan saat anda mengajukan klaim, akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda
memilih bengkel rekanan yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor, jadi pada
saat ada klaim yang benar-benar harus segera ditangani, anda sudah dapat
langsung mengantarkan mobil anda ke bengkel untuk segera ditangani.
Tanya dan ketahui
cara kerja
Sepercaya apapun anda terhadap pihak bengkel dan asuransi,
tetap anda harus mengetahui bagaimana cara kerja dari bengkel tersebut. Pada
poin ini masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, karena ini adalah salah satu
alasan mengapa anda perlu untuk memilih bengkel yang dekat dengan tempat
tinggal atau kantor.
Mantap infonya pak. Semoga bengkel rekanan ini memberikan bantuan buat pengguna asuransi mobil dengan baik.
BalasHapusMenarik sekali artikelnya
BalasHapus