Home » , , , , , » Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Murah Terbaik

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Murah Terbaik

Pengertian Asuransi Kesehatan
Image Source imagebasket


Asuransi Kesehatan - Jaman semakin canggih harga-harga pun mulai naik, seperti kebutuhan pokok sehari-hari hingga kebutuhan lainnya. Mungkin anda sudah menyisipkan sebagian dari penghasilan anda untuk beberapa kebutuhan sampingan anda sekeluarga, seperti liburan dan dana untuk kesehatan. Namun, terkadang semua yang anda telah siapkan berjalan diluar kemampuan atau kehendak anda. Dimana, ternyata disaat tertentu kebutuhan kesehatan anda lebih besar dibanding kebutuhan anda untuk berlibur. Disaat seperti itulah anda membutuhkan sebuah asuransi kesehatan murah namun dapat menjamin kesehatan anda sekeluarga.

Pada dasarnya masih banyak orang yang mengesampingkan perlindungan terhadap kesehatan dirinya. Hal ini biasanya disebabkan oleh minimnya pengetahuan mengenai pengertian asuransi kesehatan oleh kalangan masyarakat luas. Padahal, langkah untuk menggunakan asuransi untuk kesehatan merupakan sebuah langkah untuk perencanaan keuangan yang baik.

Berikut beberapa tips memilih asuransi kesehatan termurah bagi anda dan keluarga:


1.      Menggunakan Sistem Cashless

Sistem cashless adalah suatu sistem pergantian klaim yang menggunakan kartu. Sistem Cashless ini lebih mudah dan murah dibanding dengan sistem reimbursement, karena sistem cashless ini  hanya membayar tagihan rumah sakit dengan menggunakan kartu yang akan digesekkan. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk menalangi dana rumah sakit tersebut. Sedangkan untuk sistem reimbursement terkesan lebih ribet atau tidak praktis karena anda diwajibkan untuk membayar dahulu biaya rumah sakit tersebut secara tunai dan setelah itu anda mengajukan pergantian asuransi. Oleh karna itu, usahakanlah untuk memilih asuransi yang menyediakan sistem Cashless bukan hanya reimbursement.

2.      Memilih Pergantian Klaim Yang Tepat

Umumnya ada 2 jenis pergantian klaim:

1.      Pergantian berdasarkan pada tagihan biaya perawatan dirumah sakit.
Asuransi kesehatan  yang memiliki sistem ini mengambil keputusan plafond terpisah untuk harga kamar, biaya membayar dokter, membayar obat, lab, operasi, dan lainnya. Dengan sistem ini, peserta tidak akan mengalami overplafond (yang diganti lebih kecil dibanding tagihan) hingga anda harus menalangi dana tersebut. Walau harganya terbilang lebih mahal, namun banyak keuntungan yang anda dapatkan dalam tipe ini.

2.      Santunan harian rawat inap (Cash plan).
Tipe ini terbilang lebih murah dibanding dengan tipe yang pertama, namun tipe cashplan ini tidak memandang berapakah tagihan dari rumah sakit yang merawat anda. Saat sakit, jumlah pergantian dari asuransi jumlahnya konsisten, yakni sebesar santunan harian dikalikan jumlah hari dirawat. Namun, ada resiko yang harus ditanggung dalam tipe ini yaitu anda harus menalangi dana lebih bila tanggihan di Rumah sakit terbiang cukup besar.


3.      Dapat Diterima Semua Rumah Sakit

Ada baiknya apabila asuransi yang anda miliki saat ini dapat diterima dan didukung oleh semua Rumah sakit atau paling tidak asuransi tersebut memiliki jaringan yang cukup luas dibanyak rumah sakit. Hal ini bisa membantu anda supaya tidak mengalami kerugian yang besar dan merasa tidak ada gunanya memiliki asuransi. Ada baiknya juga apabila asuransi tersebut dapat mencangkup Rumah sakit besar maupun kecil, di dalam maupun di luar negeri. Anda bisa mendapatkan info tersebut dari website asuransi tersebut atau dari saudara anda yang memakai asuransi tersebut.

4.      Memilih Plafond dan Premi yang Sesuai dengan Kebutuhan/Kemampuan

Bila anda ingin menggunakan asuransi kesehatan keluarga ada baiknya anda memilih plafond yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena jika anda mengambil sistem yang lebih rendah anda harus mengelurkam dana tambahan yang tidak dijamin perusahaan asuransi. Dan apa hubungannya harga plafond dengan besarnya premi?
Jika harga kamar yang adna tempati mahal tentu harg preminya juga akan semakin mahal.

Usahakanlah anda tidak terlalu memaksakan harga premi yang mahal, namun anda tidak mampu utntuk membayarnya. Sesuaikan dengan keuangan anda, anda harus siap dengan trade-off antara premi dan plafond.

5.      Pilihlah Asuransi Kesehatan yang Murni

Mulailah memilih asuransi kesehatan anda yang murni atau berdiri sendiri, karena apabila anda memilih asuransi kesehatan dalam unit-link harganya akan lebih mahal. Karena jika dalam unit link anda harus membayar dengan biaya yang mahal untuk mendapatkan plafond lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena pada unit-link premi akan dibagi untuk asuransi jiwa, investasi dan perlindungan kesehatan.

Sedangkan untuk asuransi kesehatan murni premi yang anda bayarkan hanya untuk pertanggungan biaya kesehatan dan potomgan-potongan biayanya tidaklah begitu besar. Sehingga nilai premi lebih murah atau nilai pertanggungan lebih tinggi.

6.      Belilah Satu Polis Untuk Satu Keluarga

Untuk anda yang sudah berkelurga dan memiliki keluarga besar, dianjurkan untuk membeli satu polis agar lebih murah. Jika anda membeli polis untuk beberapa anggota keluarga anda banyak premi yang harus anda bayarkan. Namun, jika anda membeli polis untuk satu keluarga anda dapat menghemat biaya premi yang harus dibayarkan. Jika sebuah polis memiliki kegunaan yang sama namun memiliki keuntungan dan harga yang berbeda, mengapa anda tidak memilih yang lebih memberikan keuntungan?


Demikian beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan yang dapat menguntungkan keluarga anda. Akan tetapi, ada baiknya ada membandingkan  beberapa asuransi tersebut sebelum anda mulai menggunakannya. Semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga : http://infoasuransi.co/pengertian-asuransi-kesehatan-sebagai-solusi-untuk-masa-depan/

0 komentar:

Posting Komentar