Home » , , , , , , , » Biaya Premi Asuransi Mobil Bekas Jadi Yang Paling Murah ?

Biaya Premi Asuransi Mobil Bekas Jadi Yang Paling Murah ?

Asuransi Mobil Paling Murah
Image Source averageinsurancerate


Asuransi Mobil - Kebutuhan terhadap mobil bekas ataupun baru sama saja, semua perlu biaya servis rutin untuk menjaga performanya agar tetap prima. Namun Tetap saja ada yang membedakan di antara dua kendaraan tadi, terutama dari bagaimana cara penggunaan dan perawatan pemilik sebelumnya. Tentu saja penilaian tersebut hanya berlaku untuk kendaraan yang anda beli seken saja.

Untuk mobil bekas jika pemiliknya sebelumnya tidak merawat secara baik tentu saja kondisi dan kebutuhan akan biaya servis bulanannya akan jauh lebih tinggi. Bedanya dengan mobil baru, anda dapat meminimalisir kebutuhan akan biaya-biaya tersebut tergantung dari bagaimana cara anda merawat dan menjaga mobil anda sendiri.

Saat anda memilih untuk membeli mobil bekas, tentu saja harga belinya akan jauh lebih murah ketimbang anda memilih untuk membeli mobil baru. Hal ini karena dipengaruhi oleh adanya penyusutan terhadap mobil tersebut, dan semakin lama harga mobil biasanya akan semakin mahal pula harganya.

Jika demikian, apakah lantas hal tersebut turut mempengaruhi biaya premi asuransi mobil nya ? Jika diliat dari penghitungannya maka harga beli dari asuransi mobil bekas tersebut akan mempengaruhi preminya itu sendiri. Karena rate dasar yang diambil adalah dari harga beli mobil tersebut, termasuk juga menghitung UP, namun yang paling mendasar adalah dilihat dari seberapa besar resiko yang mengintai kendaraan tersebut.

Jadi konklusi sebenarnya dengan menyusutnya nilai mobil dipasaran maka biaya premi asuransi mobil pun akan semakin mahal. Kembali lagi kepada diri anda dan juga kebutuhan yang dibutuhkan oleh kendaraan bekas anda. Seberapa perlukah perlindungan dari asuransi, jika anda merasa semua resiko termasuk biaya servis rutin bulanan masih bisa ditangani sendiri, maka sudah tak perlu-perlu sangat kebutuhan akan asuransi tersebut.

Namun jika anda tetap ingin merasa nyaman terhadap kendaraan anda, maka pilih asuransi dengan perluasan jaminan yang cukup, tidak perlu terlalu berlebihan. Atau mungkin anda bisa gunakan asuransi mobil bekas dengan jenis TLO, yang biasanya akan jauh lebih murah ketimbang All Risk. Karena rate untuk jenis Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi mobil paling murah lantaran jaminan yang diberikan hanya kehilangan dan kerusakan sebesar 75 persen.

Sebelumnya anda harus memahami hal-hal apa saja yang membuat perlindungan asuransi mobil anda menjadi mahal. Ini salah satu yang jadi kendala banyak orang pada saat memilih untuk menggunakan asuransi, efisiensi sering kali diabaikan.

Berikut ini adalah 5 hal yang mempengarui biaya premi asuransi mobil :


  • Umur


Usia adalah hal yang paling mempengaruhi tarif premi, semakin muda usia pengendara maka akan semakin mahal harganya. Ini disebabkan oleh hasil survey yang menunjukkan bahwa pengemudi dengan usia belia memiliki tingkat persentasi kecelakaan yang lebih tinggi ketimbang pengemudi yang lebih tua.

  • Catatan Mengemudi


Cara mengemudi anda pun akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan asuransi, mereka akan menilainya apakah anda layak menerima perlindungan atau tidak. Penilaian akan dilakukan dengan mengecek catatan tilang anda dari pihak kepolisian atau kejakasaan selama beberapa tahun terakhir.

  •          Lokasi


Tingkat resiko terhadap kendaraan akan dipengaruhi juga dari lokasi anda tinggal, mengingat di beberapa wilayah kode pos, angka pencurian mobil sangat tinggi. Karena kerawanan tersebut maka pihak asuransi terpaksa menaikkan biaya premi terhadap mobil anda.

  •         Jarak Yang Ditempuh Selama Satu Tahun


Perusahaan asuransi akan memberikan diskon terhadap mobil yang baru saja menempuh jarak 10.000 mil pertahun. Semakin sedikit jarak yang ditempuh maka diskon yang diberikan pun akan semakin besar.

  •          Jenis Kendaraan


Resiko terhadap mobil mewah dan kendaraan biasa tentu saja berbeda, nah hal inilah yang jadi pertimbangan pihak asuransi saat menentukan biaya preminya.

1 komentar: