Home » , , , , , , , , » Cara memilih bengkel rekanan Asuransi mobil

Cara memilih bengkel rekanan Asuransi mobil

Asuransi Mobil
Image Source liektoyota.com


Tidak sekedar mendaftar lalu kemudian membayar saja, namun ada beberapa hal yang harus anda cermati saat memilih menggunakan asuransi mobil. Semua hal tersebut harus anda pertimbangkan agara tidak ada rasa penyesalan dikemudian hari saat memilih asuransi mobil. Salah satu yang harus paling dipertimbangkan adalah masalah bengkel, jika anda salah memilih, maka kerugian dan penyesalan adalah satu hal yang akan menghantui anda.

Di tengah ketatnya kompetisi di bidang jasa asuransi, banyak perusahaan asuransi berlomba-lomba memberikan penawaran menarik guna menjaring nasabah yang lebih banyak lagi. Salah satu trik yang digunakan adalah dengan memberikan harga semurah mungkin. Namun setelah OJK menetapkan peraturan guna menyamaratakan harga premi, para penyedia asuransi kemudian merubah daya tariknya masing-masing.

Sekarang pihak asuransi lebih mengutamakan pelayanan dan kualitas ketimbang diskon atau potongan harga yang menarik. Karena itulah yang jadi pembeda atau pembanding mana perusahaan asuransi terbaik dapat dilihat dari bengkel rekanannya. Ini justru malah membuat orang yang sedang mencari asuransi terbaik untuk kendaraannya sedikit kebingungan, dan pada akhirnya salah memilih asuransi yang tepat.

Jangan mudah terbuai akan jawaban dari pihak asuransi yang mengatakan bahwa seluruh bengkel rekanan yang mereka sediakan bagus kualitasnya. Tentu anda tidak ingin terjebak dalam janji manis tersebut, Karena anda baru mengetahui bagus atau tidaknya perusahaan asuransi mobil tersebut ketika anda mencoba mengajukan klaim.

Nah, berikut ini adalah kriteria dan beberapa hal yang wajib anda ketahui saat memilih bengkel asuransi mobil :

Tidak mau repot, pilih rekanan
Sudah pasti setiap perusahaan asuransi bekerja sama dengan bengkel, baik yang sudah bekerja sama sudah sedemikian lama maupun baru atau yang biasa disebut dengan bengkel rekanan. Meskipun bengkel rekanan yang sudah disediakan oleh pihak asuransi, namun ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan anda kebebasan untuk memilih atau merekomendasikan bengkel sesuai dengan keinginan anda, akan tetapi jika tidak bisa anda dapat memilih menggunakan bengkel rekanan yang ideal.

Telepon dan dijemput
Salah satu pelayanan yang coba diutamakan oleh perusahaan asuransi adalah pada saat klien mengajukan klaim. Misalnya saat anda mengajukan klaim, anda sudah tidak direpotkan lagi dengan harus membawa mobil anda ke bengkel, melainkan sudah ada fasilitas jemputan dari bengkel yang bersangkutan.

Sebelumnya pihak bengkel akan meminta surat perintah kerja (SPK) yang dikeluarkan pihak asuransi. Dengan adanya surat tersebut, berarti mobil anda sudah diklarifikasi atas kerusakan apa saja, dan perbaikan yang dibutuhkan. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka klaim anda akan segera dapat di proses.
Pilih yang dekat untuk antar sendiri
Walaupun beberapa perusahaan asuransi memberikan jasa jemputan saat anda mengajukan klaim, akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda memilih bengkel rekanan yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor, jadi pada saat ada klaim yang benar-benar harus segera ditangani, anda sudah dapat langsung mengantarkan mobil anda ke bengkel untuk segera ditangani.

Tanya dan ketahui cara kerja
Sepercaya apapun anda terhadap pihak bengkel dan asuransi, tetap anda harus mengetahui bagaimana cara kerja dari bengkel tersebut. Pada poin ini masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, karena ini adalah salah satu alasan mengapa anda perlu untuk memilih bengkel yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor.


1 komentar:

  1. Mantap infonya pak. Semoga bengkel rekanan ini memberikan bantuan buat pengguna asuransi mobil dengan baik.

    BalasHapus