gambar dari : internshipdownunder |
Sebagai seorang marketing apa yang akan anda lakukan untuk mendongkrak brand perusahaan anda agar minimal dikenal banyak orang ? Tentu saja ada amat sangat banyak cara atau langkah yang bisa dapat anda lakukan untuk meraihnya. Namun, sekali lagi dengan budget yang sudah ditetapkan oleh perusahaan anda pastinya akan ada banyak kendala untuk melakukannya. Terlebih kita harus bersaing ketat dengan competitor yang biasanya ada beberapa dari mereka yang disokong oleh dana yang sedikit atau bahkan malah jauh lebih besar.
Biasanya para marketing akan
menyiapkan strategi agar proses branding berjalan sesuai dengan target yang
diharapkan, dan tujuan utamanya adalah untuk menaikkan penjualan ataupun omset
dari perusahaan tersebut. Namun, para marketing cenderung hanya akan fokus pada
langkah besar mereka saja dan cenderung mengabaikan beberapa hal-hal kecil yang
sebenarnya sepele akan tetapi memberikan dampak yang cukup luas terutama proses
branding itu sendiri.
Padahal hal-hal sepele tersebut
akan sangat berpengaruh pada saat hasil akhir nanti. Percaya atau tidak
kesuksesan apapun memang akan sering sekali dipengaruhi hal-hal kecil seperti
itu. Jadi ada baiknya jika anda memulai ataupun memperhatikan dengan detail hal
yang kecil tersebut sebelum melakukan atau berjalan ke arah yang lebih luas
lagi nantinya.
Berikut ini 3 hal kecil yang mempengaruhi kesuksesan branding
Survey yang kurang matang
Bagaimana proses anda bisa
berjalan jika anda tidak melakukan survey pasar dan menganalisa hasil survey dengan
kinerja yang kurang matang. Penting buat para marketing untuk dapat menganalisa
pasar dengan mendetail, karena jika tidak strategi marketing anda hanya akan
terbuang sia-sia karena penargetan pasar yang salah, atau bahkan bisa saja berakibat
pada strategi marketing yang salah.
Dan semua hal tersebut akan
berimbas buruk dan negatif terhadap penjualan dan omset anda. Analisa pasar ini
bisa dilakukan mulai dari produk atau layanan apa yang perusahaan anda akan
berikan kepada masyarakat ? Lalu setelah itu anda bisa membagi melalui usia, jenis
kelamin, hingga, penghasilan yang nantinya akan menjadi target pasar anda.
Jika perusahaan anda berbentuk
digital yang berjualan melalui website, maka anda bisa melakukan analisa pasar
melalui tools yang disediakan oleh mesin pencari Google atau yang biasa dikenal
dengan Google Analytics (klik disini untuk sign up Google Analytics).
Marketing tools yang tidak berfungsi
Untuk memperkenalkan perusahaan
beserta produk ataupun jasa yang dijual ke publik, tentu seorang marketing
harus memiliki cukup peralatan (tools) yang akan mendukung dia untuk melakukan
branding. Marketing Tools yang seringkali digunakan dalam proses branding ini
adalah Company profile atau ada juga yang membuat kalender dengan logo beserta
profil perusahaannya.
Dua marketing tools yang disebut
di atas juga merupakan hal yang kerap disepelekan oleh para marketing suatu
perusahaan. Padahal, dengan memiliki company profile yang baik jasa ataupun
produk yang perusahaan anda jual akan mudah diketahui oleh klien maupun
pihak-pihak yang akan bekerja sama dengan perusahaan anda.
Tentu saja desain company profile
ataupun isi konten marketing lainnya harus berisikan informasi mengenai
perusahaan anda secara detail dan menyeluruh, namun tetap dengan desain yang professional
dan elegan.
Fondasi awareness yang kurang kuat
Satu kunci yang paling sepele
namun kerap kali diabaikan oleh para marketing yakni mengenai hal yang mudah
diingat oleh perusahaan anda. Tentu saja anda harus membangun awareness yang
kuat, dengan demikian hal tersebut akan memudahkan untuk mencapai target demi
target marketing perushaaan anda.Branding awareness ini bisa anda mulai dari
logo, atau slogan dari perusahaan anda.
Jika publik saja sudah dapat
mengenal logo atau slogan dari perusahaan anda, maka hal tersebut akan
mempermudah anda mencapai target marketing dengan sangat mudah. Tentu saja
dengan brand awareness yang sukses maka keberhasilan tersebut akan diiringi
oleh kesuksesan proses branding anda.
Demikian informasi singkat mengenai 3 hal kecil yang mempengaruhi kesuksesan branding anda, selamat mencoba !!!
Demikian informasi singkat mengenai 3 hal kecil yang mempengaruhi kesuksesan branding anda, selamat mencoba !!!
0 komentar:
Posting Komentar