Home » , , , , , , , , » Perlunya Asuransi Mobil Dan Tips Memilihnya

Perlunya Asuransi Mobil Dan Tips Memilihnya

asuransi mobil
Image Source andrewhahnlaw


Apabila menyaksikan besar nya jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia, harusnya itu jadi pemacu bagi penduduk buat mengasuransikan kendaraannya.Karena jikalau mobil telah dilindungi oleh layanan tersebut, maka risiko atas potensi kerugian yang mungkin saja datang dapat makin berkurang. Pastinya faktor ini bisa berikan Kamu ketenangan dan kenyamanan ketika berkendara.

Tapi Sayang, kesadaran penduduk Indonesia untuk melindungi kendaraannya masihlah amat minim. Mereka tetap malas memakai produk-produk pelayanan proteksi, termasuk juga untuk mobilnya sendiri.

Tentu aspek ini bertolak belakang dengan besar nya ketertarikan warga Negara ini untuk mempunyai mobil. Hal ini mampu dilihat dari tak terlalu berpengaruhnya kebijakan Bank Indonesia (BI) yg mengetatkan bidang otomotif, dgn mewajibkan pembayaran Down Payment (DP) utk pembelian kendaraan baru. dimana kenyataan yg berlangsung disaat ini yakni Gaikindo terus mencatat kenaikan penjualan moda transportasi roda empat itu tetap melewati target.

Sebab itu, mulailah untuk mengasuransikan kendaraan dimulai dari saat ini. Kalau Kamu baru mempunyai kendaraan, baik itu mobil ataupun motor, teramat dianjurkan buat melindunginya. Benar-benar, tak dapat dipungkiri tidak sedikit yang tidak mau mengikuti saran tersebut dengan bermacam argumen, terutama dikarenakan potensi naiknya pengeluaran bulanan.

Namun, dengan memproteksi kendaraan, risiko akan kerugian akibat kecelakaan baik itu kecil maupun sebesar apapun dapat di lindungi oleh perusahaan penyedia pelayanan. Bahkan, kehilangan mobil akibat tindak pencurian pun bakal ditanggung oleh mereka.
Ikuti beberapa tip ini untuk mempermudah memilih tipe asuransi mobil yang Kamu perlukan.

Perhatikan clausa. Secara umum terdapat dua kategori asuransi mobil, yakni total loss dan all risk. Total loss cuma mengganti biaya kendaraan yang hilang, sedangkan all risk mengcover kerusakan mobil disaat Kamu menabrak kendaraan lain dan juga pihak ke3. Dengan nilai premi yang lebih tinggi, terhadap asuransi all risk Kamu dapat menambahkan cover banjir, huru-hara, dan gempa bumi. Dan, sekian banyak perusahaan asuransi besar telah di lengkapi dengan layanan mobil derek 24 jam, maka Kamu dapat siap dibantu kapan pun dan dimana juga Kamu berada.

Hitung nilai premi dan potongan harga. Ketika memilih asuransi mobil yang sesuai untuk kendaraan
Kamu, lihat nilai premi dan potongan yang bisa Kamu dapat. Sebagai sampel, untuk nilai premi all risk, berkisar dari 2,8 - 3,5 persen dari nilai kendaraan Kamu, dan umumnya Kamu bisa mendapat potongan premi sampai 15 persen. Tetapi perlu diperhatikan, apakah potongan harga itu mengurangi jumlah sarana yang Kamu dapat? Kalaupun Kamu mendapat premi yang murah, namun pada ketika terjadi musibah, asuransi pilihan Kamu malah menyusahkan, bukankah sebaiknya Kamu pilih yang (lebih) mahal tapi memudahkan Kamu?

Teliti rekan bengkel. Tiap-tiap perusahaan asuransi mobil sudah mempunyai jalinan kerja bersama bengkel body repair. Maka, waktu Kamu mau lakukan klaim, pihak asuransi umumnya memberikan sekian banyak pilihan bengkel terhadap pemegang polis. Sebaiknya, sebelum kendaraan Kamu dimasukkan ke bengkel tersebut, teliti terlebih dulu, dan cermati cara mereka bekerja juga mutu pengerjaannya. Dengan begitu, sesudah mobil ditinggal di sana untuk direparasi, Kamu tak akan kecewa dengan hasilnya.

Perhatikan pengurangan nilai kendaraan. Bagi yang mau membayar dengan nilai premi yang lebih rendah, Kamu bisa lakukan pengurangan nilai kendaraan sampai 5 persen dari premi yang diajukan. Tapi, layak diperhatikan bahwa seandainya hal tersebut dilakukan –contohnya, diwaktu kendaraan Kamu tidak dapat lagi diperbaiki atau hilang– nilai yang diganti dari perusahaan tersebut masih sesuai berdasarkan kontrak di awal.


Kendaraan berusia 10 tahun. Bagi mobil yang telah berusia 10 tahun atau lebih cuma dapat dicover dengan asuransi total loss. Asuransi all risk tak berlaku untuk kendaraan jenis itu. Nilai premi sebesar dari 1,8- 2,2 persen.

0 komentar:

Posting Komentar