Home » , , , , , , , » Bedanya Asuransi Mobil All Risk Dan TLO

Bedanya Asuransi Mobil All Risk Dan TLO

Asuransi Mobil
Image Source territorialhousebb.com

Pertumbuhan mobil di Indonesia makin hari makin meningkat. Menurut data dari asosiasi pembuat mobil Indonesia Gaikindo, pada 2014 penjualan mobil di Indonesia mencapai angka diatas 1,2 juta unit Jumlah yang tidak sedikit ini dapat membuat jalan raya makin padat oleh kendaraan, khususnya di kota-kota besar. Tak heran kalau survei dari satu buah product pelumas mobil menyatakan bahwa salah satu kota termacet didunia yaitu Jakarta. Dalam survei yang diadakan pada tahun 2014 tersebut, dijelaskan bahwa mobil di Jakarta dalam setahun dapat mengalami kemacetan kira kira 33.240 kali.

Dalam keadaan yang terhambat, bermacam macam risiko dapat terjadi. Mulai Sejak dari kendaraan mogok, sampai tersenggol kendaraan lain yang mau mendahului kendaraan Kamu di tengah kemacetan. Untuk itu bagi Kamu yang mempunyai mobil, sebaiknya mengantisipasi adanya risiko tersebut. Salah satu trik mengurangi risiko kecelakaan yaitu berhati-hati dalam berkendara dan mengikuti tips berkendara dengan baik, seperti mematuhi rambu lalu lintas dan tak menyetir apabila keadaan badan sedang tak fit.

Tetapi bila insiden yang tak diharapkan masihlah terjadi walaupun Kamu telah berhati-hati, Kamu dapat melindungi risiko kerusakan kendaraan yang tak diharapkan dengan membeli polis asuransi mobil. Secara umum asuransi mobil dibagi jadi dua kategori, adalah asuransi tipe all risk dan total loss only (TLO). Apa beda ke-2 kategori asuransi tersebut? Berikut perbedaannya :

Asuransi kendaraan all risk biasa pula dinamakan dengan asuransi komprehensif. Premi buat asuransi komperhensif umumnya lebih mahal daripada asuransi TLO. Asuransi tipe ini mempunyai perlindungan komplit sejak mulai dari kerusakan ringan, kehilangan, sampai jaminan perluasan seperti contohnya apabila rusak akibat terjebak dalam kasus huru-hara atau terjadi kebanjiran. Tetapi, perencana keuangan Aidil Akbar mengingatkan bahwa tak seluruhnya kerusakan ditanggung. Ada beberapa pengecualian pada penjaminan. Contohnya saja bila Kamu terbukti sengaja menerjang banjir. Kalau itu Kamu laksanakan, perusahaan asuransi tak mau membayar klaim tersebut. Utk itu, Kamu mesti menanyakan dengan cara rinci apa saja aturan dan ketetapan dari asuransi mobil all risk yang Kamu punyai.

Asuransi total loss only (TLO)
Asuransi TLO harganya lebih murah daripada asuransi all risk. Nilai premi rata rata dihitung dari persentase harga mobil. Contohnya saja 1% dari harga mobil. Untuk lebih detail menyangkut besaran premi, Kamu dapat menghubungi perusahaan asuransi kendaraan bermotor. Masing-masing memiliki syarat dan ketetapan berbeda-beda. Penjaminan asuransi TLO tak selengkap asuransi all risk. Menurut financial planner Aidil Akbar, asuransi TLO rata rata cuma menanggung penggantian kalau mobil hilang dicuri.


Sebarkan artikel ini terhadap kolega Kamu lewat feature jejaring sosial. Jangan Sampai lupa bagikan serta pengalaman Kamu lewat kolom di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar