Home » , , , , » Beberapa Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Shooting

Beberapa Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Shooting

image source : shutter stock


Buat kalian yang ingin memulai shooting, ada hal – hal yang perlu dipersiapakan untuk membuat kegiatan shooting lancar tanpa/kurang kendala. Sehingga shooting akan berjalan menyenang bagi semua yang ikut di dalamnya, baik tim produksi, kreatif, serta talent.

Karena betapa menyenangkan setiap proses yang kita lalui menjadi kenangan yang indah dan berkesan positif. Selain membuat hati bahagia, kita bisa menabah relasi dengan hubungan yang baik.
Agar semua hal baik – baik itu datang, persiapan pun harus dilakukan dengan maksimal. 

Ini dia beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum shooting :


Peralatan Shooting Film  


Peralatan Shooting merupakan media yang penting dalam membuat sebuah film. Oleh karena itu, alangkah baiknya mempersiapkan peralatan shooting dengan baik. Memeriksa kembali peralatan shooting.

Re-check peralatan shooting film bukan hanya sekedar alat itu nyala dan berfungsi. Namun, harus memperkirakan daya tahan alat yang dipakai, selain itu adakah tambahan alat untuk mendukung peralatan shooting. Semuanya harus diperinci.

Daya tahan alat itu yang terpenting, seperti berapa baterai yang dibutuhkan, serta berapa watt genset yang dibutuhkan. Karena bila semua tidak perkirakan akan mengulur waktu shooting. dan akhirnya shooting tertunda, budgeting pun membesar. 

Dan jangan lupa untuk menyiapkan Genset untuk menambah daya untuk peralatan shooting film yang digunakan. 

Tempat/ Lokasi Shooting


Tempat shooting harus menjadi satu kesatuan dengan adegan yang akan dibuat. Sehingga, lokasi shooting tidak sekedar tempat, namun menjadi unsur pendukung yang memperindah adegan. Adegan atau scene dengan tempat menjadi satu kesatuan yang solid.

Setelah, selesai mencari lokasi shooting yang tepat. Perlu melakukan Re-check tempat / lokasi shooting. Hal ini guna untuk melihat apakah ada kendala atau perubahan suasana atau bentuk lokasi shooting. Sehingga, saat hari H, kita sudah memiliki cara atau solusi untuk mengatasi.

Selain itu, dengan re-check lokasi shooting kita dapat melihat kembali kemungkinan – kemungkinan yang dapat diterapkan saat shooting.

Waktu shooting


Waktu shooting terkait dengan break down atau run down kegiatan shooting. Break Down ini menjadi acuan sangat melakukan shooting. sehingga hal tersebut menjadi hal penting.

Tidak hanya, memikirkan scene – scene apa yang akan di shooting atau urutan scene yang mendapatkan giliran pertama dalam pengambilan gambar, namun waktu istirahat dan makan para crew dan talent termasuk ada di dalamnya.

Segala hal yang terkait waktu, harus terperinci. Seperti sebuah event, rundown menjadi acuan dalam menjalankan acaranya. Sehingga bila ada sesuatu yang salah, rundown menjadi acuan. 

Kostum dan Makeup


Kostum dan makeup merupakan hal pendukung yang cukup penting agar memperindah film tersebut. sehingga hal tersebut perlu di persiapkan.

Seperti hanyanya lokasi shooting, kostum dan makeup harus menjadi satu kesatuan yang solid. Kostum dan makeup berkesinambungan atas film yang akan dibuat.

Memeriksa kembali kostum dan makeup itu perlu. Seperti persiapan lainnya, memeriksa kembali untuk memastikan barang yang akan digunakan masih dalam keadaan baik atau tidak. Sehingga perubahan – perubahan yang akan terjadi masih dalam kendali. 

Talent


Talent merupakan seseorang yang akan memainkan film tersebut agar dapat dinikmati. Mempersiapkan talent yang tepat perlu dipersiapakan. Oleh karena itu, seminggu dan sehari sebelum shooting alangkah baiknya untuk mengingatkan kembali.

Bukan hanya itu, script pada talent pun harus di jelaskan secara rinci. Briefing pada talent sangat diperlukan. Sehingga akan ada persamaan visi dan misi. Dan talent dapat bermain dengan baik sesuai dengan film tersebut.

Perizinan


Perizinan harus dipersiapkan dengan baik – baik. Agar tidak menggangu berjalanan kegiatan shooting. Biasanya hal ini menyangkut sewa tempat dan peralatan shooting film. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan dengan baik – baik.

Script


Script harus dipersiapkan dengan baik. Bila rundown menjadi acuan dalam kegiatan shooting, sedangkan script menjadi acuan untuk jalannya cerita pada film. Sehingga penting dan perlu dipersiapkan.

0 komentar:

Posting Komentar