Home » , , , , , , , , » Jenis Asuransi Paling Laris di Indonesia

Jenis Asuransi Paling Laris di Indonesia

Asuransi
Image Source exacttarget.com

Kalau kita sedikit flashback, mungkin 10 tahun lalu orang-orang hanya tahu kalau asuransi hanya untuk menanggung biaya pengobatan rumah sakit saja. Tapi di zaman yang serba modern ini, gadget yang hitungannya sebagai aset kecil saja, sudah bisa diasuransikan. Lalu apa saja asuransi yang paling diminati oleh orang-orang Indonesia? Berikut adalah daftarnya.

1. Asuransi Mobil
Jenis asuransi ini tergolong jadi asuransi paling laris, hal ini tidak lepas dari jumlah kendaraan yang makin membludak. Di tahun 2013 saja, jumlah kendaraan pribadi yang masih aktif sudah mencapai 105 unit. Hal ini jamak kita temui di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan dan lainnya. Memiliki polis asuransi mobil adalah salah satu kewajiban bagi pemilik mobil, ini dikarenakan rentan sekali terjadi kecelakaan di kota-kota besar tersebut. 
Saat ini asuransi mobil juga berkembang dan mulai tumbuh asuransi motor yang juga serupa. Apalagi beberapa perusahaan asuransi mobil di Indonesia telah berpredikat sebagai asuransi mobil terbaik

2. Asuransi Kesehatan
Jenis asuransi ini termasuk dalam asuransi yang paling konsevatif dan paling umum diketahui orang Indonesia. Asuransi kesehatan berguna untuk menanggung biaya perawatan jika sewaktu-waktu anda sakit dan membutuhkan perawatan medis di rumah sakit. Ada banyak jenis produk asuransi kesehatan. Ada perusahaan asuransi yang memberikan system reimbursement, namun ada juga yang menggunakan “kartu ajaib” dimana dengan kartu yang menandakan anda sebagai anggota asuransi tersebut, biaya rumah sakit akan langsung ditanggung pihak asuransi.

3. Asuransi jiwa
Asuransi jiwa menempati peringkat teratas asuransi paling laris di Indonesia. Meskipun nasabag asuransi ini tergolong dalam kalangan menengah ke atas, jumlahnya terus dan semakin bertambah setiap tahun. Di Indonesia, asuransi jiwa sering dikonotasikan sebagai “warisan” karena sifat produk asuransi ini bermanfaat saat pemegang polis sudah meninggal. Seiring dengan berkembangnya persaingan perusahaan asuransi, produk-produk asuransi jiwa tidak hanya memberikan uang pertanggunag akan tetapi sudah dikombinasikan dengan beragam tawaran produk investasi finansial.

4. Asuransi Rumah/ Properti
Yang termasuk dalam jenis asuransi properti adalah rumah, gedung perkantoran, ruko, hotel dan lainnya. Jenis asuransi ini bertujuan untuk menanggung kerugian terhadap properti yang diasuransikan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau hal lain yang mengakibatkan kerusakan properti. Asuransi jenis ini sangat laris terutama di daerah padat penduduk yang rawan sekali akan musibah kebakaran

 
5. Asuransi Perjalanan
Anda sering traveling atau bepergian jauh dengan tujuan berwisata? Sudah saatnya anda mengenali produh asuransi berikut ini. Asuransi perjalanan sangat bermanfaat saat anda berpergian jauh. Banyak keuntungan yang bisa anda manfaatkan seperti ganti rugi atas bagasi anda yang hilang, kerugian yang disebabkan oleh keterlambatan jadwal penerbangan hingga biaya pengobatan jika anda mendadak sakit di negara tujuan anda.
 
6. Asuransi Pendidikan
Jenis asuransi ini mulai booming pada beberapa tahun ini. Asuransi ini biasanya banyak dibeli oleh orang yang baru saja membangun keluarga. Asuransi pendidikan bermanfaat untuk untuk menjawab tingginya biaya pendidikan sekarang dan dimasa depan. Dengan tabungan pendidikan, orang tua dapat melindungi nilai aset yang mereka miliki terhadap inflasi sehingga tabungan tidak langsung amblas memenuhi kebutuhan pendidikansi anak.
 
7. Asuransi Kecelakaan
Asuransi Kecelakaan Diri adalah asuransi yang memberikan santunan terhadap korban kecelakaan yang menyebabkan cacat total, kematian,  dan biaya pengobatan. Jenis asuransi ini biasanya sering diberikan oleh perusahaan untuk melindungi karyawannya.

8. Asuransi Syariah
Dengan mayoritas penduduk muslim, jenis asuransi syariah berkembang dengan pesat di Indonesia. Pengelolaan risiko dalam asuransi syariah pada dasarnya dilandasi prinsip sharing of risk di antara peserta. Selain dari OJK, konsep peraturan Asuransi Syariah juga sudah diatur oleh Dewan SyariahNasional (DSN) dan MUI sebagai usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah Islam. Asuransi syariah tergolong baru di Indonesia, namun tingkat akselerasi pertumbuhan asuransi ini tergolong cepat, sekarang sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan asuransi di lokal maupun internasional yang bergerak di Indonesia.

9. Asuransi Unit Link
Unit link merupakan asuransi non tradisional yang memiliki dua pertanggungan,pertanggungan ini bisa diibaratkan sebagai kantung. Kantung untuk proteksi dan kantung untuk incestasi. Uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksa dana dalam bentuk unit link. Agak sulit memahami jenis asuransi ini karena produk ini erat kaitannya dengan pasar modal yang naik turun.

10. Asuransi Asset Lain-lain
Perusahaan asuransi kian pintar dalam ekspansi produk-produk asuransi. Sejatinya, asuransi melindungi aset atau pun sesuatu yang bernilai tinggi. Untuk itu perusahaan asuransi berlomba-lomba membuat produk asuransi untuk memproteksi sesuatu dari yang umum sampai yang tidak lazim. Tangible asset (dapat dilihat) seperti Rumah, Kendaraan, Ternak dan Intangible (tidak dapat dilihat) seperti Keahlian Dokter, Kepiawaian Seorang Pengusaha, Keterampilan Mekanik, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar