Home » » Pengenalan Singkat PAN, LAN, WAN, MAN

Pengenalan Singkat PAN, LAN, WAN, MAN

Pengertian PAN, LAN, WAN, MAN
Source : Unsplash

PAN (Personal Area Network) 

PAN merupakan singkatan dari Personal Area Network yang berarti sebuah jaringan yang mencover area yang sangat kecil sehingga nampak lebih personal, lebih spesifik lagi misalnya adalah ruangan kecil. Banyak diketahui teknologi PAN wireless yang terbaik adalah Bluetooth, sedangkan yang paling terkenal adalah USB. 

Jaringan PAN sendiri memiliki karakteristik seperti : 

  1. Kontrol dilakukan oleh otoritas pribadi 
  2. Data ditransmisikan merupakan data yang bersifat khas dan personal 

LAN (Local Area Network) 


Sesuai dengan namanya, jaringan LAN hanya mengcover area secara lokal. Biasanya digunakan di banyak perkantoran kecil namun sekarang banyak juga rumah-rumah pribadi yang sudah menggunakan jaringan internet LAN. Perangkat dari LAN sendiri biasanya dihubungkan dengan menggunakan jaringan Wifi maupun kabel. 

 Pada umumnya jaringan LAN sendiri berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang dibantu oleh perangkat switch. Kemudian ada juga teknologi 802.11b (Wi-Fi) yang jamak dimanfaatkan untuk membentuk LAN. Biasanya tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN yang menggunakan teknologi Wi-fi disebut juga hotspot. 

WAN (Wide Area Network) 


Berbeda dengan LAN, WAN sendiri memiliki arti dari Wide Area Network, yang berarti jaringan dengan cover area yang luas. Biasanya jaringan WAN itu sendiri digunakan untuk menghubungkan antara Gedung dengan Gedung lainnya. Atau bisa juga untuk menghubungkan perusahaan satu dengan yang lainnya. Untuk mengubungkannya sendiri WAN bisa dengan menggunakan kabel fiber optic bahkan juga wireless. 

MAN (Metropolitan Area Network) 


 Lebih luas dari WAN, MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jaringan komunikasi dengan cakupan satu kota yang memiliki kecepatan tinggi yang menghubungkan banyak lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jarak maksimal yang bisa discover oleh jaringan MAN mulai dari 5 sampai 50 kilometer.

0 komentar:

Posting Komentar