Home » , , , , , , , , » Pertanyaan Sebelum Beli Asuransi Mobil Bekas

Pertanyaan Sebelum Beli Asuransi Mobil Bekas

asuransi mobil bekas
Image Source Finance Yahoo


Pertama kali yang terlintas dalam pikiran kita saat membeli mobil adalah asuransi apa yang akan digunakan untuk melindunginya kedepan. Hal ini kita bisa anggap sebagai hal yang wajar, karena mengingat pentingnya manfaat dari perlindungan asuransi sebagai pengalih resiko, jikalau nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap mobil anda. Tidak hanya untuk mobil baru, hal ini pun berlaku saat anda membeli mobil bekas.

Ini wajib anda pikirkan, dan pertimbangkan mengingat memilih asuransi untuk mobil anda bukanlah satu perkara yang mudah untuk dikerjakan. Untuk memilih yang terbaik saja, ada banyak hal yang dijadikan sebagai pertimbangan. Bagi yang belum paham, atau masih terlalu awam akan asuransi, hal ini tentu akan membuat kebingungan, jika sedikit saja melakukan kesalahan pada saat memilihnya maka perlindungan yang diberikan akan sia-sia, dan bersiaplah untuk menderita kerugian ketika hendak melakukan klaim.

Cuma terdapat beberapa pertanyaan yang sebelumnya harus anda jawab sebelum anda dapat membeli asuransi mobil bekas, Pertanyaan-pertanyaan berikut ini bertujuan untuk meyakinkan anda seberapa pentingkah mengasuransikan kendaraan bekas anda. Lalu kemudian jenis asuransi mobil apa yang tepat untuk digunakan baik all risk maupun TLO, dan dengan harga yang murah atau mahal sekalipun.

Berapa besar kemungkinan resiko terhadap mobil anda
Untuk mengetahui apakah kendaraan anda butuh asuransi atau tidak cobalah untuk mengenali seberapa besar kemungkinan resiko mengintai kendaraan anda. Jika mobil bekas yang anda beli digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari tentu saja potensi kerusakan dan kecelakaan pun lebih besar. Namun jika mobil bekas yang anda beli hanya dipergunakan sebagai koleksi saja dan dijadikan pajangan tentu resiko kecelakaan dan kerusakannya akan jauh lebih kecil.

Atau potensi resiko bisa juga anda lihat dari kondisi lingkungan sekitar, khususnya keamanan lebih baik di kantor atau di rumah ? Semua tergantung penilaian anda sendiri.

Apakah Biaya Perawatan Menguras Pendapatan ?
Coba hitung kembali secara rinci beban yang anda keluarkan sekarang, kemarin, atau prediksi kedepannya saat anda beli kendaraan bekas. Pertimbangkan kembali apakah biaya perawatan yang dibutuhkan nanti akan menguras isi dompet anda, termasuk juga kemungkinan kerusakan yang bisa menimpa kendaraan anda.

Jika anda merasa bahwa kondisi perekonomian anda masih mampu menanganinya, buat apa mengalihkan resiko ke perusahaan asuransi ? Jadi pada intinya perhitungkan kembali dengan seksama biaya premi serta manfaat dari asuransi mobil itu sendiri.

Bagaiman kondisi keuangan anda saat mobil hendak diasuransikan ?
Sangat mutlak hukumnya buat anda untuk mempertimbangkan kondisi keuangan anda sebelum membeli asuransi. Anda bari bisa mengasuransikan kendaraan bekas milik anda jika ada keleluasaan finansial.

Coba perhatikan kembali saat memiliki mobil bekas sekalipun akan memiliki dampak terhadap pengeluaran anda. Karena asuransi tidak akan menanggung biaya servis rutin kendaraan, yang akan ditanggung hanyalah biaya servis jika mobil rusak akibat terkena resiko.


Pastikan saat anda mengikuti asuransi pembayaran dilakukan secara lancar, jangan sampai terhenti di tengah jalan, karena jika hal tersebut terjadi hal itu sama saja seperti membuang-buang uang karena perlindungan akan putus ditengah jalan.

0 komentar:

Posting Komentar