Home » , , , , , , , , » Langkah-Langkah Memilih Asuransi Properti Yang Tepat

Langkah-Langkah Memilih Asuransi Properti Yang Tepat

Asuransi Properti
Image Source scoopmoney.com


Memilih asuransi properti, khususnya asuransi rumah tidak semudah yang dibayangkan. Kesulitan yang ada tidak jauh beda dengan saat kita memilih asuransi mobil atau asuransi pendidikan karena adanya beban bahwa yang kita pilih sekarang akan menetukan kesejahteraan kita di masa mendatang. Apa yang akan terjadi bila rumah kita musnah karena kebakaran namun pihak asuransi tidak mau membayar ganti rugi padahal kita sudah rajin membayar premi? Hal seperti ini pastinya bisa membuat kita rugi dua kali lipat ditambah rasa tertekan dan sedih usai kehilangan harta benda.

Untuk menghindari hal semacam ini terjadi di kemudian hari, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui dan pahami sebelum Anda menentukan keputusan:

Kebutuhan
Anda harus benar-benar mengerti perlindungan semacam apa yang dibutuhkan oleh rumah Anda. Misalnya rumah anda terletak di dekat gunung berapi aktif, maka Anda perlu memasukan jaminan terhadap erupsi gunung berapi. Bila rumah Anda berada di daerah rawan banjir, tentu saja Anda juga harus menambahkan perlindungan terhadap banjir. Namun bukan berarti anda dapat menambahkan semua perlindungan, karena hal tersebut hanya akan membebani premi anda. Pilih secukupnya. Jika dirasa tidak perlu menggunakan perlindungan terhadap gempa atau tsunami, maka Anda tidak perlu menambahkannya.

Detail Manfaat
Perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan beberapa paket perlindungan rumah untuk Anda. Yang perlu Anda ketahu adalah manfaat atau perlindungan apa saja yang tercantum pada paket-paket tersebut. Jadi sebelumnya anda harus mempertimbangkan paket satu dengan yang lainnya, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memahami segala pengecualian yang menyebabkan perlindungan terhadap rumah Anda batal.

Selisih Harga
Jika Anda masih awam dengan penawaran-penawaran asuransi yang beredar di pasaran, Anda dapat memulainya dengan membaca produk-produk yang ditawarkan di laman resmi perusahaan asuransi pilihan Anda. Jadi anda tidak hanya terpaku dengan asuransi dan harus membandingkan yang terbaik diantara beberapa perusahaan asuransi. Pilih beberapa produk yang tepat lalu bandingkan harganya melalui simulasi. Dengan begitu, Anda dapat melakukan eliminasi terhadap produk asuransi dengan harga premi yang terlalu tinggi.

Prosedur Klaim
Anda harus memahami juga prosedur klaim apabila terjadi musibah. Salah satunya adalah dengan memahami polis. Apabila setelah membaca polis Anda masih merasa banyak yang tidak difahami, lebih baik Anda menanyakannya langsung kepada agen asuransi. Jika Anda masih merasa kurang puas, tanyakanlah pada orang terdekat atau kerabat anda yang sudah pernah melakukan klaim sebelumnya. Dengan demikian, Anda tahu dengan pasti kapan saatnya terjadi klaim dan alasan yang bisa membuat klaim dibatalkan.

Rekam Jejak Perusahaan Asuransi
Anda juga harus mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi yang sedang Anda mau. Anda perlu menanyakan integritas perusahaan asuransi tersebut pada orang-orang yang Anda kenal. Anda juga dapat mencari informasi lainnya lewat internet. Anda juga dapat membandingkan reputasi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya jika Anda kesulitan memutuskan akan menggunakan asuransi yang mana. Perusahaan asuransi yang lebih baik namun memiliki premi yang agak mahal daripada perusahaan asuransi yang menawarkan premi paling murah dapat Anda jadikan sebagai refrensi karena apa manfaatnya bayar premi murah bila pada akhirnya klaim kita tidak diberikan.

1 komentar:

  1. Memiliki asuransi untuk properti sangatlah diperlukan, terima kasih telah berbagi cara memilih asuransi properti yang tepat.

    BalasHapus